- Back to Home »
- TUGAS »
- IKLAN PRODI ILMU KOMUNIKASI DI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
Posted by : Hery Amariansyah
Wednesday, 1 January 2014
PANDHAWA
FOUNDATIONS
IKLAN
PRODI ILMU KOMUNIKASI DI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
2013-2014
TUJUAN
Meningkatkan prodi ilmu
komunikasi di Universitas Trunojoyo Madura. Di karenakan usia prodi yang masih
baru dan belum dikenal banyak masyarakat yang khusunya ingin melanjutkan
kejenjang perguruan tinggi khusunya negeri makan di buatlah sebuah iklan
mengenai prodi ilmu komunikasi Universitas Trunojoyo Madura yang menjadi sebuah
pengenalan prodi secara menyeluruh kepada semua kalangan masyarakat.
LATAR
BELAKANG
Jika melihat banyak
sekali perguruan tinggi negeri sekarang ini menjadi sebuah tuntutan jikalau
tidak memasarkan apa yang menjadi keunggulan setiap perguruan tinggi negeri.
Contohnya Universitas Trunojoyo Madura yang termasuk perguruan tinggi negeri
yang masih berumur muda menjadikan tuntutan untuk mengiklankan prodi ilmu
komunikasi dalam skala yang luas dengan iklan yang di tampilkan dilayar
televisi baik daerah maupun nasional. Untuk mengangkat kualitas dan keunggulan
prodi komunikasi di universitas yang baru di resmikan oleh gusdur pada tahun
2000 ini maka perlunya iklan produk prodi ilmu komunikasi demi meningkatkan
minat dan pencitraan prodi ilmu komunikasi dan tentunya Universitas Trunojoyo
Madura ini.
1. NAMA PERUSAHAN : “Pandhawa
Foundations”
2.
JUDUL IKLAN : “Prodi Ilmu Komunikasi”
3. SUSUNAN TIM KREATIF
Kelompok
periklanan
·
Ferry putra d. F
·
Toto pratomo
·
Hery amariansyah
·
Nofianto puji imawan
·
Ghinan salman
Pembagian
divisi :
·
Account executive : toto pratomo, ghinan salman
·
Creative director :
hery amariansyah
·
Art director : ferry putra d. F
·
Copywriter : nofianto puji imawan
Klien : Prodi Ilmu
Komunikasi Universitas
Trunojoyo Madura
Tema
yang diangkat : prodi
ilmu komunikasi universitas
trunojoyo madura
Target
durasi : +
3 menit.
Format
: AUDIO
VISUAL
Target
konsumen : SMA,
SMK, MA dan masyarakat yang ingin
melanjutkan studi ilmu komunikasi di
perguruan
tinggi negeri
ini
4. HASIL PEMBUATAN IKLAN
SINOPSIS
Menyoroti prodi ilmu komunikasi di mulai
dari mahasiswa prodi ilmu komunikasi
yang sedang melakukan kegiatan belajar mengajar dalam perkuliahan, menyoroti
aktivitas mahasiswa komunikasi dalam kegiatan, menjelaskan jebolan-jebolan
prodi ilmu komunikasi, merekam semua aktivitas dan membuat sebuah penjelasan
secara kompleks mengenai mata kuliah dan hal-hal spesial dari prodi ilmu
komunikasi universitas trunojoyo madura.
TREATMENT
Segment 1 : menyoroti
gedung yang dipakai prodi ilmu komunikasi untuk KBM
Segment 2 : menyoroti
mahasiswa prodi ilmu komunikasi yang sedang kuliah
Segment 3 : menyoroti
steatment bapak surokim mengenai jargon prodi komunikasi
KARAKTER :
Karakter 1 : Ketua prodi
ilmu komunikasi BAPAK SUROCHIM
Karakter 2 : Mahasiwa prodi ilmu
komunikasi
5.
LAPORAN
PERTANGGUNG JAWABAN
Ø Account executive : toto pratomo, ghinan salman
Peminta
jasa iklan : universitas trunojoyo
madura
Yang
di iklan kan : prodi ilmu komunikasi
UTM
Perwakilan
: Kepala Humas UTM
Dana
yang di pakai : Rp. 65.000.000.00,-
Ø Creative director : hery amariansyah
Membuat
susunan scene dan mengambarkan sinopsis
Ø Art director : ferry putra d. F
Membuat
design grafis saat pembuatan iklan audio visual dan mempertimbangkan mengenai
grafis
Ø Copywriter : nofianto puji imawan
Mengkonsep
tulisan dan menata mengenai teks apa dan kata-kata apa yang di pasang di iklan
Account executive
a.
Point permintaan klien
Universitas trunojoyo madura (UTM) ingin meng iklankan
prodi ilmu komunikasi karena ingin menunjukan bahwa prodi komunikasi UTM adalah
prodi dengan peminat yang banyak sekali beserta prodi yang mampu menghasilkan
lulusan yang cukup produktif dalam menyumbang prestasi dalam universitas. Maka
client ingin membuat sebuah iklan yang mampu mempromosikan prodi ilmu
komunikasi secara luas.
b.
Analisa klien
Client menginginkan :
·
Iklan prodi ilmu
komunikasi
·
Pengenalan prodi
ilmu komunikasi UTM secara luas dan menyeluruh
c.
Analisa pasar dan konsumen
Diperkirakan produk iklan ini di tujukan terhadap
konsumen yang sedang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas dari
mulai SMA/SMK, dan yang lainya atau masyarakat yang ingin melanjutkan sekolah
di prodi ilmu komunikasi dengan harapan mempelajari ilmu sosial komunikasi
besarta subtansinya menjadi sebuah konsumen dan pasar yang akan dianjurkan
untuk masuk di prodi ilmu komunikasi UTM.
d.
Budget
Modal
yang di miliki 5 juta
rupiah di tambah
dengan biaya yang di berikan kepada klien sebanyak 60 juta sehingga klien
membayar sebanyak 30 jutas
dan di tambah dengan modal
perusahaan sebanyak 5 juta
e.
Kalkulasi biaya
Target biaya yang di kenakan kepada klien 65.000.000 juta rupiah.
Biaya yang di tentukan meliputi :
·
Biaya produksi
Rp 4.000.000
Rincinan
1. Sewa
camera 2 hari : Rp 1.500.000 x 2 hari =
Rp 3.000.000
2. Biaya
editing : Rp 1.000.000
·
Biaya teknis Rp
500.000
Rincian
1. Biaya
Perjalanan : Rp 300.00
2. Sewa
kendaraan + bensin : Rp 200.000
·
Biaya pemasangan
iklan (petang ± 3 menit
Rp 60.000.0000)
·
Biaya logistic
Rp 500.000
Rincian
1. Makanan
selama 3 hari : Rp 400.00
2. Air
mineral : Rp 100.00
Total yang di habiskan
sebanyak Rp 3.500.000.00,-
Creative director
a.
Ide kreatif iklan
Dengan iklan pengenalan dan member pesan yang sulit
dilupakan beserta pencitraan produk yang di iklankan akan menambah daya jual
beserta efek setelah iklan di tampilkan di media.
b.
Peilihan media
Media yang dipilih adalah media televisi (audio
visual)
Ø RCTI
Dikarenakan
media yang di pilih ini sudah selama 2 kali ber turut-turut mendapat ranting penonton yang lebih baik di
bandingkan media lainya bakan untuk
pemasangan iklan yang di pasang di media
tersebut.
c.
Jadwal peredaran/penayangan iklan
WAKTU : 16.00 WIB, Magrib (petang)
Art director
a.
Analisis visual kreatif iklan
Iklan yang menyuguhkan sebuah informasi
yang dapat menarik membuat banyak orang tertarik untuk masuk prodi ilmu
komunikasi Universitas Trunojoyo Madura.
Copy writer
b.
Analisis naskah dan jargon iklan
jargon iklan “creatif, inovative, eksis”
dimana itu juga dipakai sebagai jargon prodi ilmu komunikasi universitas
trunojoyo madura yang dipakai pada tahun 2013 pada saat kepemimpinan prodi ilmu
komunikasi
PENUTUP.
Demikian adalah
proposal dan pertanggung jawab penugasan mata kuliah periklanan prodi ilmu
komunikasi. Yang sesuai dengan permintaan client dari humas Universivas Trunojoyo
Madura yang meminta untuk membuatkan iklan mengenai prodi ilmu komunikasi demi
menggangkat prodi ilmu komunikasi dalam masa-masa awal tahap peng akreditasian
yang baru di tahun ini.
Semoga dengan di
buatnya iklan ini klien merasa senang dan iklan yang di produksi ini bisa
sesuah dengan apa yang di inginkan dan di harapkan klien.