Posted by : Hery Amariansyah Wednesday, 1 January 2014


PANDHAWA FOUNDATIONS
IKLAN PRODI ILMU KOMUNIKASI DI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
2013-2014


TUJUAN
Meningkatkan prodi ilmu komunikasi di Universitas Trunojoyo Madura. Di karenakan usia prodi yang masih baru dan belum dikenal banyak masyarakat yang khusunya ingin melanjutkan kejenjang perguruan tinggi khusunya negeri makan di buatlah sebuah iklan mengenai prodi ilmu komunikasi Universitas Trunojoyo Madura yang menjadi sebuah pengenalan prodi secara menyeluruh kepada semua kalangan masyarakat.

LATAR BELAKANG
Jika melihat banyak sekali perguruan tinggi negeri sekarang ini menjadi sebuah tuntutan jikalau tidak memasarkan apa yang menjadi keunggulan setiap perguruan tinggi negeri. Contohnya Universitas Trunojoyo Madura yang termasuk perguruan tinggi negeri yang masih berumur muda menjadikan tuntutan untuk mengiklankan prodi ilmu komunikasi dalam skala yang luas dengan iklan yang di tampilkan dilayar televisi baik daerah maupun nasional. Untuk mengangkat kualitas dan keunggulan prodi komunikasi di universitas yang baru di resmikan oleh gusdur pada tahun 2000 ini maka perlunya iklan produk prodi ilmu komunikasi demi meningkatkan minat dan pencitraan prodi ilmu komunikasi dan tentunya Universitas Trunojoyo Madura ini.

1.     NAMA PERUSAHAN            : “Pandhawa Foundations”

2.     JUDUL IKLAN                      : “Prodi Ilmu Komunikasi”

3.      SUSUNAN TIM KREATIF
Kelompok periklanan
·          Ferry putra d. F
·          Toto pratomo
·          Hery amariansyah
·          Nofianto puji imawan
·          Ghinan salman
Pembagian divisi :
·          Account executive  : toto pratomo, ghinan salman
·          Creative director     : hery amariansyah
·          Art director             : ferry putra d. F
·          Copywriter              : nofianto puji imawan

Klien                              : Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura

Tema yang diangkat     : prodi ilmu komunikasi universitas trunojoyo madura
Target durasi                 : + 3 menit.
Format                           : AUDIO VISUAL
Target konsumen          : SMA, SMK, MA dan masyarakat yang ingin
                                          melanjutkan studi ilmu komunikasi di perguruan
                                          tinggi negeri ini
4.      HASIL PEMBUATAN IKLAN

SINOPSIS
Menyoroti prodi ilmu komunikasi di mulai dari mahasiswa prodi  ilmu komunikasi yang sedang melakukan kegiatan belajar mengajar dalam perkuliahan, menyoroti aktivitas mahasiswa komunikasi dalam kegiatan, menjelaskan jebolan-jebolan prodi ilmu komunikasi, merekam semua aktivitas dan membuat sebuah penjelasan secara kompleks mengenai mata kuliah dan hal-hal spesial dari prodi ilmu komunikasi universitas trunojoyo madura.

TREATMENT
Segment 1 : menyoroti gedung yang dipakai prodi ilmu komunikasi untuk KBM
Segment 2 : menyoroti mahasiswa prodi ilmu komunikasi yang sedang kuliah
Segment 3 : menyoroti steatment bapak surokim mengenai jargon prodi komunikasi

KARAKTER  :
Karakter 1 : Ketua prodi ilmu komunikasi BAPAK SUROCHIM
Karakter 2 : Mahasiwa prodi ilmu komunikasi

5.      LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN

Ø  Account executive  : toto pratomo, ghinan salman
Peminta jasa iklan    : universitas trunojoyo madura
Yang di iklan kan     : prodi ilmu komunikasi UTM
Perwakilan                : Kepala Humas UTM
Dana yang di pakai   : Rp. 65.000.000.00,-

Ø  Creative director     : hery amariansyah
Membuat susunan scene dan mengambarkan sinopsis

Ø  Art director              : ferry putra d. F
Membuat design grafis saat pembuatan iklan audio visual dan mempertimbangkan mengenai grafis

Ø  Copywriter              : nofianto puji imawan
Mengkonsep tulisan dan menata mengenai teks apa dan kata-kata apa yang di pasang di iklan








Account executive                        

a.     Point permintaan klien

Universitas trunojoyo madura (UTM) ingin meng iklankan prodi ilmu komunikasi karena ingin menunjukan bahwa prodi komunikasi UTM adalah prodi dengan peminat yang banyak sekali beserta prodi yang mampu menghasilkan lulusan yang cukup produktif dalam menyumbang prestasi dalam universitas. Maka client ingin membuat sebuah iklan yang mampu mempromosikan prodi ilmu komunikasi secara luas.

b.     Analisa klien

Client menginginkan :
·       Iklan prodi ilmu komunikasi
·       Pengenalan prodi ilmu komunikasi UTM secara luas dan menyeluruh

c.      Analisa pasar dan konsumen

Diperkirakan produk iklan ini di tujukan terhadap konsumen yang sedang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas dari mulai SMA/SMK, dan yang lainya atau masyarakat yang ingin melanjutkan sekolah di prodi ilmu komunikasi dengan harapan mempelajari ilmu sosial komunikasi besarta subtansinya menjadi sebuah konsumen dan pasar yang akan dianjurkan untuk masuk di prodi ilmu komunikasi UTM.

d.     Budget
Modal yang di miliki 5 juta rupiah di tambah dengan biaya yang di berikan kepada klien sebanyak 60 juta sehingga klien membayar sebanyak 30 jutas dan di tambah dengan modal perusahaan sebanyak 5 juta

e.     Kalkulasi biaya
Target biaya yang di kenakan kepada klien 65.000.000 juta rupiah.

Biaya yang di tentukan meliputi :
·       Biaya produksi Rp 4.000.000

Rincinan
1.     Sewa camera 2 hari : Rp 1.500.000 x 2 hari =  Rp 3.000.000
2.     Biaya editing  : Rp 1.000.000

·       Biaya teknis Rp 500.000

Rincian
1.     Biaya Perjalanan : Rp 300.00
2.     Sewa kendaraan + bensin : Rp 200.000

·       Biaya pemasangan iklan (petang ± 3 menit Rp 60.000.0000)


·       Biaya logistic Rp 500.000

Rincian
1.     Makanan selama 3 hari : Rp 400.00
2.     Air mineral : Rp 100.00

Total yang di habiskan sebanyak Rp  3.500.000.00,-


Creative director

a.     Ide kreatif iklan
Dengan iklan pengenalan dan member pesan yang sulit dilupakan beserta pencitraan produk yang di iklankan akan menambah daya jual beserta efek setelah iklan di tampilkan di media.

b.     Peilihan media
Media yang dipilih adalah media televisi (audio visual)
Ø  RCTI
Dikarenakan media yang di pilih ini sudah selama 2 kali ber turut-turut mendapat ranting penonton yang lebih baik di bandingkan media lainya bakan untuk pemasangan iklan yang di pasang  di media tersebut.

c.      Jadwal peredaran/penayangan iklan
WAKTU : 16.00 WIB, Magrib (petang)

Art director

a.     Analisis visual kreatif iklan
Iklan yang menyuguhkan sebuah informasi yang dapat menarik membuat banyak orang tertarik untuk masuk prodi ilmu komunikasi Universitas Trunojoyo Madura.






Copy writer

b.     Analisis naskah dan jargon iklan
jargon iklan “creatif, inovative, eksis” dimana itu juga dipakai sebagai jargon prodi ilmu komunikasi universitas trunojoyo madura yang dipakai pada tahun 2013 pada saat kepemimpinan prodi ilmu komunikasi

     PENUTUP.
Demikian adalah proposal dan pertanggung jawab penugasan mata kuliah periklanan prodi ilmu komunikasi. Yang sesuai dengan permintaan client dari humas Universivas Trunojoyo Madura yang meminta untuk membuatkan iklan mengenai prodi ilmu komunikasi demi menggangkat prodi ilmu komunikasi dalam masa-masa awal tahap peng akreditasian yang baru di tahun ini.

Semoga dengan di buatnya iklan ini klien merasa senang dan iklan yang di produksi ini bisa sesuah dengan apa yang di inginkan dan di harapkan klien.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Berlangganan Sinyal FX?

JustForex

Followers

Popular Post

- Copyright &SHIE; artorlife -Diberdayakan- Powered by Blogger - Designed by SHIE -