Posted by : Hery Amariansyah Monday 26 May 2014

Foto bersama se-usai acara PJTD bersama LPM Galeri
Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) GALERI STIT SUNAN GIRI Trenggalek dengan tema “Eksplorasi Industri Masyarakat Melalui Jurnalistik”. Dilaksanakan pada hari Jum’at-Minggu,  tanggal 09-11 Mei 2014. LPM FANATIK beserta seluruh LPM yang ada di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mendelegasikan masing-masing anggotanya untuk mengikuti acara tersebut.
Dalam acara PJTD yang merupakan agenda pelatihan tingkat dasar untuk pengetahuan mengenai dunia jurnalistik. Anggota delegasi LPM dari UTM datang membawa 27 orang di sambut baik oleh tuan rumah,(9/5) tempat PJTD berada di Dusun Dawuhan Pule Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Hari pertama peserta PJTD di mulai dengan materi mengenai wacana Pers dan pengamatan. 

Hari kedua, (10/5) Peserta PJTD di lanjutkan dengan materi mengenai teknik penggalian data dan reportase, materi kali ini menjelaskan tentang bagaimana cara dan teknik dalam menggali data dan mencari data. Setelah materi penggalian data dan reportase selesai peserta mengikuti materi selanjutnya mengenai teknik penulisan berita. Dalam materi teknik penulisan berita peserta di jelaskan mengenai macam-macam jenis penulisan berita diantaranya ada penulisan berita langsung, sedang, dan mendalam.

Setelah materi mengenai teknik penulisan berita selesai peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk terjun ke lapangan mencari berita dan menulis berita sebagai laporan pemberitaan. Masing-masing kelompok bekerja sama dalam mencari berita yang ada di kawasan perindustrian genting dan batu bata yang ada di daerah tersebut. Setelah peserta selesai mencari data berita, peserta mulai menyusun data untuk menjadikan berita.

Pada saat malam hari peserta kembali ke ruangan untuk mempresentasikan berita yang mereka susun, setelah beberapa saat presentasi peserta kembali diberi materi mengenai analisis kritis, dalam materi kali ini peserta di tuntut berfikir lebih keras dalam analisis pada suatu permasalahan, peserta di tuntut mampu berfikir tanpa ada batasan untuk menghubungkan keterkaitan masalah satu dengan masalah yang lain. Hingga pukul 03.00 pagi peserta baru di persilahkan istirahat untuk mempersiapkan check out acara PJTD keesokan harinya.

Hari ketiga, (11/5) peserta kembali di kumpulkan di ruangan untuk materi terakhir mengenai 10 element jurnalis. Materi ini menjelaskan mengenai dasar-dasar yang membatasi kejurnalistikan untuk tetap konsisten dalam menjaga nilai jurnalistik. Setelah materi selesai. Di lanjut panitia pelaksana menutup acara kegiatan PJTD “harapan dari acara ini selain peningkatan kualitas anggota LPM juga mengharapkan terciptanya jalinan komunikasi yang baik antar LPM yang ada di Trenggalek dengan LPM lain” kata Zein sebagai ketua pelaksana PJTD.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Berlangganan Sinyal FX?

JustForex

Followers

Popular Post

- Copyright &SHIE; artorlife -Diberdayakan- Powered by Blogger - Designed by SHIE -