Posted by : Hery Amariansyah Thursday 12 June 2014



                "Yang penting absenmu penuh dan bisa ikut ujian." Ujar Pak Botak.
                Kok ngeri, sebagai dosen bisa ngomong seperti itu. Lupa atau melupa kalau dia lebih dari lima pertemuan dia tidak pernah masuk kelas. Seperti binatang bodoh seluruh manusia yang berada di kelas ini. Satu kali pertemuan absen sudah penuh dengan tanda tangan mahasiswa yang berlagak bego'. Setidaknya tujuh kali pertemuan gaib telah terlihat nyata saat tanda tangan di absensi terisi penuh.
                Kenapa masih saja terus seperti ini. Apakah memang ini suatu budaya dari pak botak untuk memanipulasi, bahwa seolah ia terlihat rajin masuk kelas karena absensi terlihat penuh. Sedangkan mahasiswanya sendiri masih bego' dan dungu dengan pengertian-pengertian tentang mata kuliah yang dibawakan pak Botak.
                "Jangan jauh-jauh nanti mahal." Celetuk pak Botak.
                Ternyata dia masih ingat tentang permasalahan yang terjadi di semester sebelumnya. ketika dia memberikan suatu penugasan tanpa mengukur kadar pertemuan kelas. Langsung saja memberikan penugasan yang membebani mahasiswa untuk melakukan tugas-tugasnya di luar kepulauan garam ini. Kenapa dia masih mengulangi kesalahan sebelumnya. Karena mungkin dia masih merasa gengsi mengakui kesalahannya yang kemarin hari karena sudah membebani murid-muridnya. Yang mungkin, dia mengira semua muridnya adalah sosok yang memiliki materi dalam hal keuangan lebih.

                "Mana ada, kuliah baru masuk langsung duduk. Tapi setidaknya kita saling menghargai."  Tambah pak Botak.
                Selang beberapa lama kuliah berjalan seadanya. masih ada mahasiswa yang baru memasuki ruangan kelas yang saat ini sedang di ajar oleh pak Botak. dia mendehem dan berkata seolah tak ada arti yang mendalam terhadap pertemuan kali ini. pak Botak menggambarkan dirinya sebagai sosok yang intelek. Tapi, dalam hal norma di mata mahasiswanya dia memiliki nilai buruk dalam catatan perjalanannya selama menjadi dosen tetap di pulau garam ini.

Bangkalan 11 Juni 2014

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Berlangganan Sinyal FX?

JustForex

Followers

Popular Post

- Copyright &SHIE; artorlife -Diberdayakan- Powered by Blogger - Designed by SHIE -